Login Member
Username:
Password :
Agenda
21 September 2018
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6

Sejarah, Perjalanan dan Perkembangan

SMA  Negeri 3 Cimahi 1984 -2011

 

Pendidikan adalah unsur penunjang perubahan pada manusia, dan sekolah merupakan salah satu lembaga yang mencetak kader – kader perubahan tersebut. Ilmu yang didapat akan terus berubah sesuai dengan perkembangan jaman, tetapi hal itu tentu tidak akan tercapai dengan baik jika tidak ditunjang dengan fasilitas yang memadai baik fisik maupun psikhis.

Berawal dari menempati 2 lokal yang dipinjamkan SMPN 2 Cimahi, SMAN 3 Cimahi berdiri sebagai filial / sekolah binaan dari SMAN 2 Cimahi pada tahun 1984. Kemudian atas dasar prakarsa PYMT Kepala Sekolah pada saat itu yakni Bpk. Drs Tatang Bachrum Adji,  Bpk.  Moch Wasid SH dibantu oleh Bpk. Drs. Dede Suyatna, membeli sebidang tanah yang luasnya 9.326 M2 di jln. Pesantren Cibabat, Cimahi Utara. Dilahan itulah dibangun 3 ruangan belajar,1 ruang Guru dan 1 ruang TU. Maka berpindahlah kegiatan SMAN 3 Cimahi dari SMPN 2 Cimahi di jln. Jend Sudirman ke jln. Pesantren Cimahi Utara yang secara Yuridis ditetapkan berdiri sendiri dengan SK Pendirian Sekolah No 0601/10/1985 pada tanggal 22 November 1985. Kepemimpinan saat itu dipegang oleh ibu Dra. Hj. Ratu Yetty Amin Argakusumah dan Bpk.  Moch. Wasid. SH.

Tahun Ajaran 1986 – 1990, barulah ada Kepala Sekolah yang definitive yaitu Bpk. Ardjo. Dibawah pimpinan beliau bertambahlah ruangan belajar SMAN 3 Cimahi menjadi 10 ruangan, yang dilengkapi dengan 1 ruang LAB IPA, 1 sarana ibadah mesjid yang diberi nama “ AL – MUQODAS “, 1 lapangan olah raga Siswa da rehab ruang Guru plus ruang TU.

Tahun Ajaran 1990 – 1995, tampuk pimpinan beralih ke Bpk. Drs. Ace Rukoman, ruang belajar bertambah lagi 4 ruangan hingga jumlahnya menjadi 14 ruangan, ditambah 1 ruang Wakasek, 1 ruang OSIS, 1 ruang kantin. Pintu gerbang depan dan pembentengan batas sekolah dengan masyarakatpun ditata dan dibenahi. Lapang olah raga siswa diperbaiki ditambah dengan penataan dan penghijauan lingkungan.

Tahun terus berganti, hingga pada periode 1995 – 1999 pada saat kepemimpinan Bpk. Drs. Sukarja AS; pembangunan fisik sekolah tidak ada, kecuali rehab untuk beberapa ruangan. Periode tahun ajaran 1999 – 2002 SMAN 3 Cimahi dipimpin oleh Bpk. Drs. Asep Ikhsan. Belaiu menambah 4 ruang belajar, 1 ruang perpustakaan, 1 LAB. Komputer yang dilengkapi dengan 20 buah computer Pentium 2, 1 ruang BP dan terjadi penggatian nama mesjid menjadi “ NURUL IKHSAN “.

Tahun Ajaran 2003 – 2004 kepemimpinan dipegang oleh Bpk. Jojo Sutia, pun tidak ada penambahan pembangunan fisik sekolah tetapi LAB. IPA sempat direnovasi.

Pada tahun ajaran 2004 – 2005 Kepala Sekolah dijabat PYMT Bpk. Drs. Edi Junaedi, dengan pelaksana harian Bpk. Drs. Yayat Hidayat. Pada tahun ini SMAN 3 Cimahi mendapat bantuan 1 set perangkat LAB. BAHASA. Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan elektronika; juga kebetulan SMAN 3 Cimahi pada tahun ini hanya satu – satunya SMA Negeri di Cimahi yang mempunyai jurusan Bahasa.

Tahun Ajaran 2005 – 2006, Bpk. Drs. Asep Ikhsan kembali menjadi PYMT, sebagai pelaksana harian tetep dipercayakan kepada Bpk. Drs. Yayat Hidayat. Pembangunan fisik SMAN 3 dilanjutkan kembali dengan menambah 1 buah sarana lapangan olah raga, 1 ruang UKS, 1 ruang Tata Boga ( adanya MULOK pada kurikulum 2004 yang memuat adanya mata pelajaran tambahan untuk keterampilan. SMAN 3 Cimahi memilih keterampilan Tata Boga dan Elektronika ); 1 ruang piket Guru. Ruang Kepala Sekolah dan Tata Usaha pindah ke lantai dua, sementara lantai dasar digunakan untuk lahan parker sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas kendaraan yang terus bertambah baik untuk roda dua maupun roda empat.

Bulan Desember 2006 terjadi pergantian Kepala Sekolah, Bpk. Drs. Asep Ikhsan dilaih tugaskan ke SMAN 1 Cimahi dan Bpk. Drs. Rochiman Satisha bertugas di SMAN 3  Cimahi. Ditahun Ajaran 2006 – 2007 SMAN 3 Cimahi menata lingkungan yang bersih dan sehat dengan merenovasi wc siswa dan guru, perbaikan kursi dan meja belajar siswa, termasuk lapangan olah raga yang ada di lahan sebelah utara diperbaiki dan dibuat lapang tennis hinga berfungsi ganda, baik untuk guru ataupun siswa; karena Tenis dijadikan kegiatan ekstra kurikuler ditambah dengan Mading, EAC ( English Activity Corner)  Jurnalist ( dilengkapi dengan kamera khusus ). Penataan halaman yang rindang dan hijau, taman yang rapih hingga terlihat asri adalah sarana yang menunjang kenyamanan aktivitas suatu komunitas sehingga bisa dijadikan lahan kegiatan yang memadai baik untuk “ Flexibility Learning dan Pentas Kreasi Seni “ siswa SMAN 3 Cimahi ataupun ajang silaturahmi dengan para orang tua siswa dan Alumni.Tahun Pelajaran 2007 – 2008 SMAN 3 Cimahi mendapat bantuan dana Block Grant (RKB) untuk 2 lokal tetapi yang berhasil dibangun menjadi 4 lokal ,( 2 ruang belajar, 1 ruang perpustakaan dan 1 ruang Multi Media) Tuntutan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan di era globalisasi ini tidak hanya bisa mengandalkan buku sumber dan referensi Guru saja. Electonic Learning sebagai salah satu penunjang kelancaran dan perkembangan ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan. Komputerisasi dan Internetisasi tidak lagi menjadi sesuatu yang spesial, tetapi sudah menjadi kebutuhan khalayak orang banyak untuk lebih mengetahui perkembangan yang terjadi di Era Globalisasi.

Kemajuan teknologi yang demikian pesat menjadi suatu bahan pemikiran yang benar – benar dipertimbangkan oleh Bpk. Drs. Rochiman Satisha sehingga berdirilah 1 ruang Multi Media yang dilengkapi dengan pemasangan jaringan INTERNET dan pengadaan HOT SPOT AREA . Dengan harapan SDM / Sumber Daya Manusia baik kalangan Guru, Karyawan maupun Siswa bisa mengakses ilmu pengetahuan pembelajaran atau pengetahuan Umum, dengan mudah agar tidak ketinggalan dengan kemajuan jaman dan persaingan yang demikian pesat juga cepat.

Divisi ICT yang dilengkapi dengan 15 buah komputer dan kelengkapannya ditambahkan sebagai salah satu bidang ekstrakurikuler untuk menunjang pesatnya pembelajaran melalui IT bisa dipelajari dengan hasil yang memuaskan sesuai dengan program unggulan yang dicanangkan oleh Kepala Sekolah.

 “ Diruangan ini para siswa bisa berkiprah mengembangkan potensi IT yang mereka punyai “ demikian ujar beliau.

Pada tahun Pelajaran 2007 -2008 ini pula terjadi perubahan yang membanggakan SMAN 3 Cimahi menjadi “ CLUSTER  1 “, hal ini yang menjadi pendorong peningkatan kinerja. Pada saat Penerimaan Siswa Baru, SMAN 3 Cimahi mencoba menggunakan lembar pendaftaran dengan “ SCANNER  SYSTEM “. Selain bangunan baru yang dibangun ternyata 3 ruang belajar. Ruang Guru pun terkena renovasi total termasuk pengadaan meja dan loker guru. Pemasangan DIGITAL AUDIO SYSTEM & CCTV  di ruang belajar, ruang guru, ruang Tata Usaha dan Ruang Kepala Sekolah, mesjid dan arena upacara, melengkapi sarana dan prasarana SMAN 3 Cimahi, hingga effisiensi dan efektivitas terlaksana dengan baik. Terjadi pengembalian nama untuk sarana ibadah dari “ NURUL IKHSAN “ dikembalikan kenama semula “ AL – MUQODAS “.

Penegakkan disiplin untuk guru, karyawan dan siswa, beliau sentuh juga pada tahun ajaran ini. Peningkatan kinerja guru dengan berbagai langkah dijalankannya pula; seperti mengadakan “ Study Banding “, BINTEK dan Workshop untuk meningkatkan kualitas yang akan menunjang suatu keberhasilan. Hal ini menjadikan SMAN 3 Cimahi sering dijadikan base / Pusat kegiatan Dinas Pendidikan Kota Cimahi seperti : Seleksi Pelajar Berprestasi. Olimpiade Mata Pelajaran, Seleksi CPNS, Pelaksanaan UN susulan dan Rapat Dinas Pendidikan Kota Cimahi.

Pada Tahun pelajaran 2008 – 2009, lahan parkir kendaraan siswa ( berhasil menjadi juara I lahan parkir terbaik tingkat kota Cimahi ), pintu gerbang, benteng, ruang piket guru, ruang Kesiswaan, ruang Sarana,  yang beliau kerjakan. LAB. Komputer direnovasi, sarana prasarananya diganti ( dilengkapi dengan 20 set computer Pentium 4, web cam, audio, LCD dan WIFI. Laboratorium ini langsung akses dengan jaringan Internet. Tidak hanya untuk siswa, kepentingan gurupun dilengkapi dengan computer yakni : Ruang Guru, ruang LITBANG.

Ruang Guru jadi pusat kegiatan guru untuk sharing ( tidak hanya sebagai shelter ). Melaui MGMP masing masing mata pelajaran bisa berkiprah bebas untuk membahas  materi pembelajaran, cara mengajar  melalui CCTV ataupun hal lainnya, karena ruangan guru sudah dilengkapi dengan LCD dan Infocus. Diharapkan bisa menjadi inspirasi dan upaya perubahan paradigma, kinerja, sharing dan problem solving untuk menuju suatu perbaikan.

Tahun Pelajaran 2009 – 2010, SMAN 3 Cimahi membangun 1 ruang LAB Fisika, 1 ruang BP RKB 1 buah, 3 wc siswa dan 1 buah kantin.

Untuk mendapatkan kenyamanan dan keasrian lingkungan, taman kembali ditata ulang ditambah dengan  pembuatan kolam.

Di tahun Pelajaran 2010 – 2011, ternyata tidak hanya lahan terbuka yang diperhatikan oleh Kepala SMA Negeri 3 Cimahi,  lahan kumuh yang berada dibelakang kelas XI IPA 1 – 4 beliau jadikan lahan untuk tumbuhan TOGA , GREEN HOUSE dan lahan COMPOSTING, yang menunjang lingkungan sehat, kebutuhan mata pelajaran Biologi dan kelengkapan UKS.

Untuk memenuhi kelengkapan sarana dan prasarana beliau kembali membangun 1 ruang kelas, 1 ruang serba guna, 4 buah wc, 1 buah ruang penjaga, pembuatan kran wash hand dibeberapa ruang kelas dan merenovasi lantai lahan parkir, 2 ruang kelas; 1 ruang digunakan untuk pelayanan UKS lengkap dengan fasilitasnya ( ruang UKS terdahulu digunakan untuk sekretariat UKS dan PMR ) ditambah pengadaan TOGA KERING agar bisa memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi para siswa.

Penghijauan ruang terbukapun beliau lengkapi ,kegigihan dan kerjasama yang beliau lakukan menghasilkan  SMAN 3 Cimahi terpilih untuk mengikuti LOMBA SEKOLAH SEHAT ketingkat “ Bakorpembang  “ mewakili  Kota Cimahi melalui surat SEKWILDA NO 21/TP.UKS KOTA/CMI/2010 pada tanggal 18 Oktober  2010.

Yang dari hasil penilaian “Siapapun yang datang ke SMAN 3 Cimahi akan merasa nyaman dan betah”

Setiap langkah manusia tidak akan pernah terlepas dari kajian diri dari mana dia berasal; SMA Negeri 3 tidak hanya berkiprah sekitar lingkungan dan pembelajaran, tapi juga berusaha untuk menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sesuai dengan visinya. Salah satu upaya untuk mencapai hal itu Kepala Sekolah telah merenovasi mesjid Al MUQODAS tepatnya pada bulan Desember s.d Pebruari; menjadi tempat beribadah yang lebih nyaman dan berfungsi multi guna.

Tahun Pelajaran 2011 – 2012 SMA Negeri 3 Cimahi mengawali KBM dengan 1 shift, untuk itu dibangun 4  ruang kelas baru dan merenovasi 4 kelas lama. 1 ruang UKS, dan penambahan 6 buah infocus, TV, lap top, speaker aktif, dalam rangka memfasilitasi KBM.

Untuk mencapai prestasi besar dan berguna bagi orang banyak tentu tidak gampang, mudah – mudahan perjalanan dan perkembngan SMAN 3 Cimahi akan terus berjalan dengan baik sesuai dengan VISI & MISI SMA Negeri 3 Cimahi.